Mitos Kain Terbaik = Mahal

Kain Textile Bali Konveksi

Ada yang patut diluruskan disini, seperti judul artikel diatas, kain terbaik = mahal yang sebenarnya tidak relevan dan perlu dikaji ulang, disini Bali Konveksi akan akan mengulasnya karena persepsi yang salah ini beredar di masyarakat dan perlu diluruskan.

Yang pertama yang perlu diluruskan adalah tentang generalisasi, seperti contohnya kain terbaik = mahal, bagaimana jika kriteria kain terbaik itu seperti apa? Halus? Lembut? Kuat? Lentur?. Tentu kriteria diatas tidak mungkin terdapat dalam satu jenis kain. Bagaimana kita bisa menilai sebuah jenis kain itu baik/ jelek jika parameter & tolak ukur saja tidak ada? Jadi kita cari dahulu kategori/kriteria seperti apa kain yang kita pakai nantinya, barulah kita akan mendapatkan beberapa jenis kain sebagai kandidat. Disini barulah dapat kita putuskan pilih kain dengen merek apa, pastinya harus sesuai budget yang kita punya, jangan terlalu memaksakan untuk membeli yang termahal karena, mungkin beberapa kelebihan yang kita beli tidak terlalu kita butuhkan. Contohnya penjual yang menjual kain mengklaim warna kain tahan lama hingga 3 tahun, kita harus menunggu 3 tahun untuk membuktikan kebenarannya, daripada menunggu 3 tahun dan kecewa lebih baik beli yang biasa, toh juga pakaian tidak akan bertahan dalam 3 tahun. Maksud kami siapa yang pakai pakaian yang sudah berumur 3 tahun, jaman sekarang ini bahkan setiap orang membeli pakaian 1 bulan sekali. Bahkan perusahaan berganti pakaian setiap tahunnya.

Kembali ketopik sebelumnya, jika kita sudah menemukan kriteria yang diinginkan kita akan lebih mudah untuk memilih jenis kain yang paling relevan dengan kebutuhan kita. Contohnya : jika kita membutuhkan kain yang berkarakter tegas berarti kita memerlukan jenis kain yang kaku dan tebal dan baju yang akan buat nantinya harus kuat terhadap mesin cuci/ tidak luntur, tidak luntur hingga 3 tahun. Setelah menetukan kriteria, barulah kita akan menentukan kandidat, dan jenis kian yang relevan dengan tolak ukur diatas adalah american drill. Dan perlu anda ketahui, kain American Drill harganya tidak mahal. Mungkin kain sutera bagus, berkualitas dan mahal. Tapi apakah jenis kain itu cocok untuk kain seragam?

Kesimpulannya adalah jika anda ingin membuat seragam untuk kantor anda, tolong kembali dulu ke kebutuhan dan kriteria & kategori sebagai tolak ukur. Setelah itu konsultasikanlah tentang kebutuhan anda dengan orang/perusahaan yang ahli dalam bidangnya, seorang yang mengerti tentang seragam. Setelah itu anda akan mendapatkan seragam terbaik dengan kriteria yang inginkan dan sesuai dengan kebutuhan, anda tidak perlu membayar ekstra untuk sebuah kain seragam yang tidak memenuhi kriteria anda.